Rabu, 29 Maret 2023

ISTILAH GERAKAN PENCAK SILAT GOLOK BETAWI BEKASI

 

Reragam Pencak Silat Golok Betawi menjadi hal yang menarik untuk dibahas kali ini.

Ilmu beladiri pencak silat sejatinya memiliki disiplin keilmuan yang tinggi dalam penempatannya.tidak Hannya mempelajari beladiri karena setiap insan pesilat nya wajib memiliki budipekerti,sabar,tanggu, jujur dan bentuk pengetahuan yang luas dalam membawa Marwah sebagai seorang pesilat.

Golok adalah sebuah identitas seorang pesilat/jawara Betawi dimana masyarakat budaya telah mengenal golok sebagai personalifikasi si pemegang golok,bukan Hannya di gunakan sebagai alat namun lebih dari itu karena banyaknya filosofi yang terkandung di dalam bentuk disennya.

Penyelarasan bentuk,berat,ukuran dan bahan menjadi salah satu kunci gerakan atau istilah dalam pencak silat golok.

 

Bang djiung golok terbang bekasi


Penyelarasan gerakan beladiri pencak silat golok dengan disain atau bentuk golok menjadi sebuah alur dengan perhitungan yang sangat hati-hati dalam penggunaannya karena harus bergerak cepat,tepat,efektif dan bertenaga sebagai mana pencak silat Betawi memiliki kesamaan disiplin ini.

Adapun nama atau istilah geraka golok yang akan di tampilkan atau di bahas adalah bentuk pemahaman jurus dan gerak di pencak silat golok terbang bekasi.

1.BACOK = gerakan mengayunkan golok dari arah belakang atas badan kearah depan dengan posisi berhentinya bilah pada titik bentur horizontal tegak lurus dan posisi ibu jari mengunci tertempel pada rikaso bilah menepak pada selud gagang golok,tiga jari memiliki fungsi utama tenaga dan jari kelingking sebagai penyeimbang.

2.TEBAS ATAS = mengayunkan golok dari arah atas kearah bawah dengan titik lintas serong lurus dengan berhentinya bilah di arah bawah pada titik setelah bentur.

3.TEBAS BAWAH = mengayunkan golok dari arah bawah kearah atas,dengan titik lintas serong lurus dengan berhentinya bilah di arah atas pada titik setelah bentur.

4.SAYATAN = gerakan ini lebih ringan dengan ayunan yang kembali setelah titik bentur di tarik dengan cepat dan halus.

5.POCEL = gerakan mengayun dengan perubahan ayunan bilah dengan titik bentur mengambil sebagian target seperti di cangkul dengan ketepatan dan kecepatan yang konsisten.

6.TOTOL = gerakan ayunan cepat keluar dan kembali dengan konsen titik bentur pada bagian tulang 

7.TARIK TEPAK SIKUT = merubah posisi alur golok kearah belakang lalu menariknnya dari arah depan dengan posisi berhentinya bilah persis di depan dada yangenempel pada bagian luar lengan.

8.SIKEP = menarik golok dengan posisi gagang di atas dan bilah mengarah ke bawah dengan perubahan alur lintas dan berhentinya bilah menempel pada lengan bagian dalam dan posisi gagang mengarah keluar.

9.PUNGGEL LUAR = ayunan golok miring dengan prioritas tenaga terkonsen pada bagian gagang dan putaran ini memiliki dimensi 180°

10.PUTERAN DEPAN = alur gerak ini memiliki alur luar dalaman dan atas bawah yang diselaraskan dengan pergeseran gerakan langkah kaki.


11.PUTERAN ANGIN 

12.PUTERAN TUSUK DALAM 

13.PIMDAH TERBANG 

14.PINDAH TARIK 

15.TUSUK KOREK 

16.SISIR 

17.ANTER 

18.NYIPET KETEK 

19.NYUMPET LEHER 

20.BALING TUJUK 

dan masih banyak nama atau istilah gerakan golok.

Penamaan atau istilah gerak ini akan memudahkan pesilat yang sedang mempelajari gerakan gerakan golok dalam suatu disiplin ilmu beladiri pencak silat golok.

Jika ulasan ini bermanfaat kita akan bahas jau lebih dalam terkait gerakan ,alur dan disen golok pencak silat Betawi.

Saya tunggu komentarnya di blog ini

Saya ucapkan terimakasih.


Jaga buaya digiri giri 

Tangan menanti si tukan bodor 

Jaga budaya negri sendiri 

Jangan Ampe mati obor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar